Sabtu, 19 Februari 2011

PENGERTIAN BIMBINGAN MENURUT BEBERAPA AHLI

·         Abu Ahmadi (1991: 1), 
Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (peserta didik) agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik.
·         Prayitno dan Erman Amti (2004: 99),
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa; agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
·         Bimo Walgito (2004: 4-5),
Bimbingan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan hidupnya, agar individu dapat mencapai kesejahteraan dalam kehidupannya.
·         Chiskolm dan McDaniel,(1994: 94),
Bimbingan diadakan dalam rangka membantu setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.
·         Frank Parson ,(1951).
Bimbingan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih,mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan dan mendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya.
·         Chiskolm,(1959).
Bimbingan membantu individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.
·         Bernard & Fullmer ,(1969).
Bimbingan merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan realisasi pribadi setiap individu.
·         Mathewson,(1969).
Bimbingan sebagai pendidikan dan pengembangan yang menekankan proses belajar yang sistematik.
·         Arifin, (1994:1).
Bimbingan adalah menunjukan, memberi jalan atau menuntun orang lain ke arah tujuan yang lebih bermanfaat bagi hidupnya di masa kini dan masa datang.
·          Faqih (2001:4)
Bimbingan Islam yaitu proses pemberian bantuan terhadap individu atau kelompok agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
·         Tolbert
Bimbingan adalah kegiatan dan layanan dalam pendidikan yang diarahkan untuk membantu individu agar mereka dapat menyusun dan merencanakan serta menyesuaikan diri dalam semua aspek kehidupan sehari-hari.
·         Jones
Bimbingan adalah bantuan (yang bersipat pribadi) dari seorang konselor terhadap seseorang dalam menentukan kemana ia pergi, apa yang akan dilakukan, atau bagaimana ia mencapai tujuannya, dan untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya.
·         Laksmi,(2003:3)
Bimbingan adalah bantuan dari konselor yang memiliki kompetensi kepada individu dalam berbagai tahapan usia, untuk membantu mengarahkan, mengembangkan, menentukan dan memecahkan masalah dalam hidupnya.
·         Frank W. Miller, (1961:7)
Bimbingan adalah proses membantu individu agar memiliki pemahaman diri dan pengarahan diri, agar dapat menesuaikan diri di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.
·         Traxler
Bimbingan adalah proses memungkinkan individu memahami kemampuan dan minat, mengembangkan diri secara optimal, menyesuaikan diri dengan tuntutan kehidupan dan akhirat menjadi individu yang utuh dan matang yang mampu membimbing diri sendiri sebagai warga sesuai harapan masyarakat.
·         Emery Stoop dan Gunar Wahlquist, (1958)
Bimbingan adalah proses kesinambungan membantu individu dalam mengembangkan kemampuan secara maxsimal agar diberi manfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat.
·         Eka Chandra Oktaviani, (2011 : 2)
Bimbingan adalah suatu proses bantuan kepada individu secara berkelanjutan dan sistematis, yang dilakukan oleh seorang ahli yang telah mendapat latihan khusus untuk itu, agar individu dapat memahami dirinya, lingkunganya serta dapat mengarahkan diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk kesejahteraan dirinya dan kesejahteraan masyarakat.
 
 
Sumber :
·         Natawidjaja, Rochman & Sukmadinata, Nana Sy. (1979). Teknik Penilaian dan Bimbingan Penyuluhan Islam. Jakarta : Depdikbud.
·         Sukmadinata, Nana Sy. (2007). Bimbingan dan Konseling Dalam Praktek. Bandung : Maestro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar